Blog CompetitionKuliner

Menciptakan Barista Yang Berkompeten di Bencoolen Coffee

Febeshinta.com – Seperti yang diketahui, racikan secangkir kopi panas buatan seorang Barista sangat berpengaruh bagi para penikmat kopi. Karena bagi mereka, hasil akhir dari kopi yang di minum harus meninggalkan karakteristik rasa, serta aroma yang mengendap di lidah. Maka dari itu, kopi tidak hanya di minum untuk memenuhi sebuah kebiasaan pada umumnya.

Barista, merupakan garda terdepan yang memiliki peranan penting dari ribuan bahkan ratusan usaha warung kopi untuk membuat, dan menyajikan segelas minuman hangat dengan cita rasa yang berbeda dari berbagai macam biji kopi. So, untuk menjadi seorang Barista bukanlah hal yang mudah, diperlukan pelatihan khusus untuk mengetahui lebih dalam mengenai seluk beluk perkopian mulai dari rasa, aroma, cara meracik, menakar komposisi, teknik mengoperasikan mesin kopi, hingga menggunakan metode manual brewing.

Pelatihan Barista
Pict by @bencoolen.coffee

Baca juga: Review Coffee Shop Gordi.HQ Jakarta Selatan

Mendapatkan gelar Barista yang berkompeten dan profesional, dibutuhkan konsistensi serta tekad untuk menggali ilmu seputaran kopi, hingga belajar mengenai profesi sebagai Barista. Salah satu tempat pelatihannya yaitu di Bencoolen Coffee.

Apa itu Bencoolen Coffee?

Adalah coffee shop yang menawarkan secangkir kopi dengan menggunakan 100% biji kopi murni, yang berasal dari provinsi Bengkulu dan aman untuk dikonsumsi karena mengandung antioksidan tinggi.

Terkenal dengan “Kopi Jujur” yang asli tanpa campuran essen, Bencoolen Coffee juga membuka kesempatan bagi kamu yang ingin gabung dalam pelatihan barista untuk para pemula agar mendapatkan skill mengenai teknik membuat minuman berbahan dasar biji kopi, hingga pada akhirnya melayani pelanggan secara langsung.

Gimana cara nya? Mudah banget! Kamu cukup mendaftarkan diri melalui Kartu Prakerja yang di gulirkan oleh pemerintah setempat dengan klik disini.

Kartu Prakerja

Merupakan program bantuan berupa biaya dari pemerintah yang bekerjasama dengan Bencoolen Coffee untuk mendorong para pencari kerja yang ingin mengembangkan potensi, wawasan, serta pengetahuan di bidang kopi.

Untuk program Kartu Prakerja, Bencoolen Coffee memiliki 6 (enam) macam pelatihan yang bisa kamu pilih disalah satunya, yaitu:

  • Barista Pemula
  • Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian Dengan Modal Minim
  • Outlet Warung Kopi
  • Mitra Outlet Warung Kopi
  • Pemasaran Kopi Online
  • Sales Kopi Keliling Wilayah

Selama pelatihan kamu akan di pimpin oleh para mentor yang ahli pada bidangnya masing-masing. Menarik kan? Selain itu, banyak banget manfaat serta peluang yang bisa kamu dapatkan hingga selesai pelatihan. Terutama untuk bekal di kemudian hari.

Baca juga: Journey Coffee, Tempat Nongkrong Yang Cozy Di Jakarta Selatan

Manfaat Pelatihan Barista di Bencoolen Coffee

Sertifikat merupakan suatu hal yang pasti kamu dapatkan setelah lulus menjalani ujian pelatihan guna melamar kerja sebagai Barista di berbagai Coffee Shop. Tetapi yang paling penting disini adalah pengalaman, pengetahuan, serta skill yang di dapat dari para mentor Bencoolen Coffee bisa langsung kamu manfaatkan dengan terjun ke dunia wirausaha secara mandiri. Salah satu nya membuka usaha warung kopi yang menawarkan terobosan varian rasa terbaru hasil dari komposisi serta racikan yang diciptakan sendiri. Luar biasa!

Pelatihan Barista
Pict by @bencoolen.coffee

Disisi lain, dengan ada nya program pelatihan dari Bencoolen Coffee, kedepannya akan banyak terlahir Barista baru yang berkompeten sehingga bisa membuka lapangan usaha atau pekerjaan khusus nya dibidang perkopian. Dengan begitu bisa dikatakan, baik dari Bencoolen Coffee ataupun kamu, sudah ikut campur tangan dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia. Wow!

The last but not least, bagi saya kopi itu istimewa. Semakin banyak varian biji kopi yang di gunakan, maka semakin sulit pula untuk menyeimbangkan rasa serta aroma nya. Maka dari itu, diperlukan seorang Barista yang memiliki passion agar racikan secangkir kopi dapat menciptakan karakter rasa yang tertinggal pada setiap pelanggan yang menikmatinya.

Pelatihan Barista
Pict by @bencoolen.coffee

Cheers!
Febe Shinta

Tags

Febe Shinta

Hi, I'm Febe Shinta Franciska! Author of this blog. Please enjoy!

Related Articles

14 Comments

    1. Iyah.. Keren banget nih program pelatihan dari Bencoolen Coffee… 🙂 Pasti nanti bakalan banyak lahir barista baru yang berkompeten.. Waw!

  1. Wahh bagus berarti ada pelatihan ini dengan kartu prakerja tanpa harus mendaftarkan diri ke website prakerja dulu hanya melalui bencoolen bisa daftar ya kak febe, aku kasih tau kawan dehh yang lagi seneng ikut2 pelatihan buat kopi2 gini.

    1. Iyah Kak.. Tinggal klik link yang udah terlampir di artikel yaaaaa untuk daftar pelatihan di Bencoolen Coffee.

  2. Belajar meracik kopi bukan saja hanya segelaa kopi tapi memori akan rasa kopi yang terus diingat. Semoga dengan adanya pelatihan kopi Bencoolen cofee bisa menumbuhkan semangat untuk berwirausaha di bidang kopi mengurangi penganggur

    1. Amin kak.. Semoga setelah pelatihan akan lahir barista-barista baru yang membuka usaha secara mandiri sehingga mengurangi pengangguran.

  3. Saya kemarin ikut juga daftar kartu Prakerja, Mbak. Hanya tidak lolos hehehe. Soalnya, banyak sekali pelatihan keren, termasuk pelatihan Barista ini. Soalnya, trend lifestyle minum kopi akan terus berkembang. Pastinya racikan-racikan kopi baru terus berkembang.

    1. Betul.. trend lifestyle minum kopi udah melebarkan sayap nya lebar-lebar,, maka hanya hampir disetiap sudut pasti tersempil warung kopi kekinian..

  4. Pengen jg mendalami seluk beluk perkopian di mana tiap mata memandang ada warung kopi. Dan pastinya bisa eksperimen bikin kopi enak deh

  5. menarik banget ini. skill barista tuh memang kepake banget ya. apalagi sekarang semakin banyak kedai kopi.
    jadi inget waktu adeku mau kuliah di ausie, dia juga ikut pelatihan barista dulu, buat modal cari tambahan uang kuliah di sana.

  6. Jujur saya baru mendengar istilah Barista baru-baru ini, yah sejak maraknya perkopian lah. Dari novelnya Dee saya mengetahui banyak dunia perbaristaan yang ternyata sangat rumit, hehe.. Mungkin karena saya bukan anak kopi jadi nggak mengikuti perkembangan cara meracik kopi yang baik dan benar. Dan ternyata ada ya belajar jadi Barista secara online..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close