Tips

Pengertian Domain dan Page Authority dalam SEO

Ok gaes, kembali lagi dengan gue yang kali ini mau membagikan tips gimana cara nya agar Domain dan Page Authority pada sebuah website bisa meningkat sehingga bisa muncul di halaman pertama pencarian Google. Tapi sebelumnya, apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan DA dan PA ini? Jika belum, cus gue jelasin dulu.

Domain dan Page Authority
Pict by bangaloreseocompany.in

Pengertian Domain Authority (DA)

Dalam dunia yang berbasis internet, terlebih dalam SEO (Optimasi Search Engine), tentu kalian harus tahu mengenai DA dan PA untuk menunjukkan seberkualitas apa website seseorang atau pribadi di mata search engine.

Untuk domain sendiri, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi posisi website kalian di mesin pencarian google. Dari mana kita tahu? Jadi gini, Domain Authority didasarkan pada skala 1 sampai dengan 100, semakin tinggi nilai DA, maka semakin bagus posisi sebuah website di search engine. Udah paham sampai sini?

Jika udah, sekarang kita bahas gimana cara untuk meningkatkan DA. Salah satunya seperti dibawah:

Usia Domain

Nah, yang dimaksud adalah sudah seberapa lama domain ini aktif dan bertahan di internet. Karena semakin lama umur domain, itu berarti pemilik dari website tersebut konsisten untuk mempertahankan situs pada web nya dan secara otomatis DA akan meningkat secara perlahan tapi pasti.

Ukuran Domain

Kalau yang satu ini, diukur dari seberapa banyak postingan dalam sebuah website. Karena semakin sering kalian mempostingkan konten secara berkala, maka ini akan mempercepat meningkatkan nilai DA tentunya. Oh iya, usahakan agar konten yang kalian tulis itu sangat bermanfaat untuk para reader agar lebih mudah di lirik oleh search engine.

Popularitas Domain

Ini penting banget yang harus kalian ketahui mengenai kepopularitasan pada sebuah website. Semakin banyak backlink atau inbound link yang mengarah ke sebuah website, maka akan dengan lebih cepat mempengaruhi tingkat penilaian DA, karena di mesin pencarian google mengganggap bahwa website kalian berkualitas dan banyak dipercaya oleh beberapa situs hingga para reader.

Pengertian Page Authority (PA)

PA ini merupakan sebuah tolak ukur secara keseluruhan, yang dimana jika nilai PA tinggi maka akan menunjukkan bahwa situs kalian sering muncul di search engine.

Konten adalah Raja, yups ini bener banget dan gue gak pernah lupa dari dulu. That’s why ini juga yang mempengaruhi nilai PA karena website tersebut memiliki konten yang berkualitas alias original (anti copas sampai pasti dari sumber asli). Dan faktor lain nya adalah penggunaan backlink, headings, keyword pada badan konten yang tetap berkesan natural, hingga pencantuman keyword pada gambar dan lain sebagainya.

Cara Mengecek Skala Domain dan Page Authority

Kalau kalian paham apa yang dimaksud dengan Domain dan Page Authority, maka saatnya untuk mengecek ada di skala berapa website kalian?

Khusus yang memiliki domain seperti Blogspot.com atau WordPress.com maka nilai domain gak akan bisa ditingkat kan lagi karena domain nya sudah ada sejak dulu. Tetapi jika kalian mengunakan domain pribadi maka harus lebih bersabar untuk meningkatkan skala nilai yang ada untuk kedua nya baik DA dan PA.

So, untuk mengecek, kalian bisa buka disini:
1. https://moz.com/researchtools/ose 
2. https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker 

Kesimpulan

Dalam dunia yang serba internet, sangat diharapkan agar DA dan PA dapat berjalan beriringan agar semakin maximal. Apalagi sekarang banyak banget dari berbagai perusahaan yang mencari sebuah situs yang memiliki nilai DA PA yang tinggi untuk diajak kerjasama dalam mereview produk dan lain sebagainya.

Tapi gak menutup kemungkinan juga jika nilai skala pada sebuah website tersebut kecil (seperti website saya misal yang masih dalam proses untuk menaikkan skala) akan mendapatkan job. Karena mau bagaimanapun, konten adalah raja dari segala website.

Tetap semangat dan terus tingkatkan DA, PA secara perlahan! Goodluck gaes!

Tags

Febe Shinta

Hi, I'm Febe Shinta Franciska! Author of this blog. Please enjoy!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Close