City TourTraveling

Menikmati Air Terjun Lembah Anai Di Sisi Jalan Bukittinggi, Sumatera Barat

Air terjun Lembah Anai terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Bukittinggi yang menjadi sentra bagi tata pemerintahan, pertumbuhan ekonomi, dan pariwisata di Provinsi Sumatra Barat. Lokasi yang tepat berada di sisi jalan ini, mampu menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Keindahan panorama yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai menunjang peningkatan kunjungan para wisatawan ke daerah Sumatera Barat. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Barat melalui Dinas pariwisata menetapkan objek wisata Air Terjun Lembah Anai sebagai salah satu ikon pariwisata.

Sumber air pada air terjun ini berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Airnya yang turun dengan cepat saling susul-menyusul ini membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.

Para wisatawan yang datang dari Kota Padang maupun Kota Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, para wisatawan dapat menyaksikan lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon. Di sepanjang jalan menuju Air Terjun Lembah Anai juga terdapat monyet-monyet yang berkeliaran seakan-akan dengan senang hati menyambut kehadiran para wisatawan yang datang dari jauh.

Tags

Febe Shinta

Hi, I’m Febe Shinta Franciska!
Welcome to Random Feeds of Febe, a food and travel blog based in Indonesia.
I write about food and drinks, traveling near and far, and the miscellaneous bits of life in between. Enjoy!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close