Seni & Budaya

Mengulik Gaya Hidup Warga Kampung Naga, Tasikmalaya

Selain Pedalaman Suku Baduy, Kampung Naga merupakan salah satu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok penduduk yang memegang erat adat istiadat nyaKampung ini berlokasi di Desa Neglasar, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kampung Naga sendiri menyimpan keindahan alam yang sangat asri dengan hijaunya sawah, angin segar dan sejuk, serta lembah yang subur. Di kampung ini juga terdapat hutan terlarang yang menjadi tempat makam para leluhur.

Hutan Terlarang

Sepanjang perjalanan memasuki wilayah Desa Kampung Naga, saya dipimpin oleh salah satu warga yang sekaligus menjelaskan secara detail mengenai sejarah dan kegiatan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Untuk mengeksplore desa ini, saya harus menuruni 439 anak tangga dan melewati persawahan yang hijau dan sungai yang membuat tangan ini tergiur untuk mengambil banyak foto.

Mengenai gaya hidup, penduduk Kampung Naga yang memeluk agam Islam ini dapat berbaur dengan masyarakat modern namun mereka tetap mempertahankan adat istiadat yang kuat dari nenek moyang.

Tentang kehidupan sehari-hari, mereka menolak menggunakan listrik untuk penerangan dan lebih memilih menggunakan petromax serta barang tradisional untuk memasak. Sebagian besar rumah penduduk Kampung Naga memiliki dapur sederhana, kamar tidur, ruang tamu dan mereka hidup saling membantu satu sama lain dan saling melengkapi.

Luar biasa kan gaya hidup penduduk kampung naga? Untuk tahu lebih jelas nya, yuk datang langsung agar kalian bisa mendengar sejarah kampung naga lebih detail.

Tags

Febe Shinta

Hi, I’m Febe Shinta Franciska!
Welcome to Random Feeds of Febe, a food and travel blog based in Indonesia.
I write about food and drinks, traveling near and far, and the miscellaneous bits of life in between. Enjoy!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close