Tips

Memahami Apa Yang Di Maksud Dengan Alexa Rank Dan Page Rank

Alexa Rank? Page Rank?

Pasti udah gak asing lagi kan?

Mungkin bagi para blogger yang udah lama nyemplung di dunia blogging udah paham apa yang dimaksud dengan google Alexa Rank dan Pagerank.

Lalu gimana dengan blogger pemula yang belum paham?

Ok disini saya akan mulai ngejelasin satu persatu secara detail.

Apa itu Alexa Rank?

Alexa Rank merupakan sistem yang dimiliki oleh Amazon dan biasa nya digunakan untuk mengetahui kepopularitasan pada sebuah website atau blog berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung.

Perhitungan angka yang dimiliki oleh Alexa yakni dimulai dari angka 1 hingga jutaan, tergantung seberapa banyak jumlah website atau blog yang ada pada jejaringan internet. Jadi semakin kecil angka pada sebuah website atau blog pada sistem Alexa, maka semakin bagus pula peringkatnya.

Udah paham belum?

Contohnya gini, jika blog atau website si A memiliki traffic rank diangka 1,010,692 dan si B 1.659.092, maka tingkat kepopularitasan website si A lebih bagus daripada si B.

Ok, saya rasa udah pada paham sampai disini.

Nah, didunia berbasis internet, Alexa bukanlah satu-satunya penyedia informasi traffic rank. Tapi entah kenapa sampai dengan saat ini, Alexa masih dianggap sebagai yang terbaik untuk mengetahui tingkat kepopularitasan di dunia maupun lokal pada sebuah website atau blog.

Perlu diingat kembali, ranking yang terdapat pada Alexa diambil berdasarkan banyaknya jumlah pengunjung dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Situs yang pengunjungnya paling banyak pada tiga bulan terakhir maka nilai rangking nya akan semakin ramping.

Menurut saya, janganlah terlalu fokus pada peringkat di Alexa Rank, karena gak mungkin sebuah website atau blog yang masih baru akan memperoleh rangking yang baik dalam waktu singkat. Jadikan Alexa rank sebagai patokan agar kita dapat melihat perkembangan ramai atau tidaknya sebuah blog, dengan begitu kita dapat melakukan memperbaikan untuk menyediakan konten yang berkualitas, sehingga website atau blog akan semakin ramai dan secara otomatis nilai rangking pada Alexa Rank akan meramping dengan sendirinya.

Ok, sampai disini saya rasa sudah cukup paham. Next kita bahas mengenai Page Rank.

Lalu, Bagaimana Dengan Page Rank?

Pagerank merupakan sistem peringkat yang diciptakan oleh salah satu ceo dan pendiri google yaitu Sergey Brin dan Larry Page.

Sistem yang disediakan oleh Google ini merupakan suatu algoritma yang juga bertujuan untuk menentukan kepopularitasan dan kualitas pada sebuah blog atau website.

Lhoh kok hampir sama dengan Alexa Rank?

Jadi gini, jika di Alexa semakin ramping angka nya maka semakin bagus, nah kalau Page Rank justru sebaliknya. Dalam artian, semakin tinggi angka nya, maka semakin bagus.

Pentingkah Alexa Rank dan Page Rank Pada Sebuah Website Atau Blog?

Alexa Rank dan Page Rank sama-sama penting terutama buat kalian yang sedang berkutat di dunia usaha online karena ada beberapa situs iklan yang mensyaratkan website atau blog seseorang memiliki ranking bagus dari keduanya. So, mulai sekarang kalian bisa mengupayakan untuk memperbaiki kepopularitasan website atau blog yang kalian miliki.

See you next artikel!

Tags

Febe Shinta

Hi, I’m Febe Shinta Franciska!
Welcome to Random Feeds of Febe, a food and travel blog based in Indonesia.
I write about food and drinks, traveling near and far, and the miscellaneous bits of life in between. Enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close