City TourSeni & Budaya

Kalian Penikmat Seni Modern? Wajib Mampir Ke Museum Macan, Kebon Jeruk

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau biasa disingkat dengan Museum Macan ini resmi dibuka pada hari Jumat, 04 November 2017. Museum yang sudah mulai booming di media sosial karena konsepnya yang sangat Instagramable mulai menarik banyak pengunjung dari berbagai kalangan usia sehingga membuat museum ini tidak pernah sepi.

Taken by @baguspraks_

Museum yang bertajuk Art Turns. World Turns berlokasi di Wisma AKR Lantai MM, Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan dibuka dari hari Selasa sampai Minggu, dengan jam operasional pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Oh iya perlu diketahui, museum ini tutup setiap hari Senin dan libur nasional.

Dibangun dengan luas 4.000 meter persegi, Museum Macan membandrol tiket masuk sebesar Rp 50.000,- untuk orang dewasa, Rp 40.000,- untuk lansia/pelajar, dan Rp 30.000,- untuk anak-anak.

Taken by @febe_shinta

Bukan hanya itu, Museum Macan juga menawarkan kartu keanggotaan tahunan yang disebut dengan Macan Society. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300.000,- untuk dewasa, Rp 180.000,- untuk pelajar dan Rp 750.000,- untuk keluarga (2 dewasa, 2 anak-anak) per tahun. Selengkapnya mengenai kartu keanggotaan bisa email ke membership@museummacan.org dan untuk harga khusus grup bisa email ke info@museummacan.org

Taken by @febe_shinta

Mengenai pembelian tiket, bisa melalui website Ticket Museum Macan atau beli langsung ditempat. Disarankan, kalian dapat membeli nya melalui online terlebih dahulu jadi nanti saat datang tinggal scan barcode dan masuk. Karena jika kalian beli langsung ditempat, selain antriannya penuh dan panjang, kalian akan terhambat masuk ( bergilir ) apabila pengunjung terlalu banyak.

Taken by @febe_shinta

Oh iya, saat membeli via online, kalian akan mendapatkan E-Ticket dari Museum Macan dan hanya berlaku 2 jam dari jam pemesanan untuk scan masuk. Contoh: Kalian pesan untuk datang jam 10.00 dan batas scan barcode untuk masuk hanya valid sampai jam 12.00, jika lewat dari jam tersebut, tiket secara otomatis angus. Buat kalian yang bingung atau memiliki kendala dalam pemesanan ticket bisa langsung email ke tickets@museummacan.org

Adapun beberapa peraturan yang wajib pengunjung ketahui selama didalam area pameran yakni:

  • Tidak boleh menyentuh karya seni
  • Diusahakan untuk tidak mengangkat telepon di dalam area pameran
  • Tidak boleh nyender tembok
  • Wajib menitipkan payung, ransel dan tas yang ukurannya melebihi tas tangan
  • Tidak boleh motret menggunakan flash
  • Diperbolehkan memakai kamera dslr/mirrorless
  • Tidak boleh membawa makanan dari luar
Taken by @febe_shinta

Museum yang memperkenalkan koleksi seni modern dan kontemporer ini 50 persen nya adalah karya seni dari Indonesia, dan 50 persen lainnya dari Eropa, Amerika Utara, China dan bagian Asia lainnya.

Taken by @febe_shinta
Taken by @febe_shinta
Taken by @febe_shinta
Taken by @febe_shinta
Taken by @febe_shinta

Duh kerenkan?

Yang gak kalah penting nih, Museum Macan memiliki misi yakni Pendidikan yang menjadi inti dari kegiatan museum ini. Museum Macan sendiri “berkomitmen untuk membuat seni dapat diakses oleh masyarakat luas, terutama kaum muda dan anak-anak. Bermitra dengan sekolah setempat, serta menyediakan materi pendidikan bagi para guru untuk membantu siswa berinteraksi dengan seni di dalam dan luar tembok museum”.

Bukan hanya itu, Museum Macan juga memiliki berbagai macam program pendidikan seperti Forum Pendidik, Kunjungan Sekolah dan Sumber Daya Pendidikan. Untuk info lebih lanjut kalian bisa email ke education@museummacan.org

In Frame @baguspraks_
In Frame @baguspraks_

Hmm… Ada lagi nih, foto yang sedang booming di Instagram dan media social lainnya yaitu foto dalam ruang kaca yang banyak bola lampu nya seperti dibawah ini:

Untuk dapat foto seperti diatas, kalian harus rela mengantri yang cukup panjang karena tempat foto ini berada didalam box tertutup. Setiap orang nya hanya diberikan waktu 45 detik untuk mengambil foto dan yang masuk kedalam maximal 2 orang sesuai dengan aturan yang diberlakukan di Museum Macan.

Sekarang kita bahas akses menuju ke Museum Macan. Disarankan kalian menggunakan kereta, dan bisa mengambil jurusan ke arah Tangerang kemudian turun di Stasiun Pesing. Setelah itu dilanjutkan dengan naik transportasi online menuju ke Wisma AKR. Dengan waktu kurang lebih 25 menit.

Bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil bisa parkir dilantai P1 – P5 dan untuk motor dilantai P3.

Nah, gimana gaes? Penasaran? Yuk langsung aja datang ke Museum Macan!

Details:
Museum Macan
Wisma AKR Lantai MM
Jalan Panjang No.5
Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telp : 021-22121888

Instagram @museummacan
Twitter @museummacan
Facebook @museummacan

Tags

Febe Shinta

Hi, I’m Febe Shinta Franciska!
Welcome to Random Feeds of Febe, a food and travel blog based in Indonesia.
I write about food and drinks, traveling near and far, and the miscellaneous bits of life in between. Enjoy!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Close